Minggu, 16 Juni 2019

PENGENALAN MICROSOFT WORD 2010, MENU DAN FUNGSI MENU MICROSOFT WORD 2010


MICROSOFT WORD 2010
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3QinhUNRxpI8xABYzk6zTsKGy1O39dc3AbS-K9oF9176PFIY9Up1bbW5VNqDd0-ATfTg70zJTXlX-uJwlLh87y0Gw1dzg1k2vpB3VqmwGUSp_xtVRNp5NFgKmVR9tzqnj6p3d8Y6dWib6/s1600/154090500020137_14d722b6-fb70-4c08-b665-b6d549aead39.png.jpg 
1. Pengertian Microsoft Word
            Microsoft Word adalah software pengolah kata yang sering digunakan dan sangat populer pada saat ini. Secara umum Microsoft Word merupakan Software untuk mengolah huruf atau kata yang biasa digunakan untuk membuat laporan, karya ilmiah dan lain sebagainya. Software ini berada dalam satu paket Microssoft Office yang berisi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access dan lain-lain.
2. Fungsi Microsoft Word
Microsoft Word memiliki banyak fungsi diantaranya adalah sebagai berikut;
  •      Membuat dokumen dan menyimpan dokumen
  •      Dapat membuat tulisan yang bervariasi
  •      Bisa membuat grafik dan tabel
  •      Membuat surat
  •      Memasukkan gambar
 3. Elemen-Elemen pada Microsoft Word 2010
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8qnDp9TTIwadCLrD4Uz5G28WMyKBEdcjstnlLaLFkYCPl48q4prGO4Cd4xY6Xw5l79CwRJASJV4MLmPm8lbcXL10_D-UamSKtO6XhBG3Z3rDZSmRJqe3FKspPUgAo8EYDGt7BIKjLykq8/s1600/2.png

            Setelah membuka Microsoft Word 2010, kita akan dihadapkan pada lembar kerja Microsoft word 2010. Pada lembar kerja ini terdapat bermacam-macam menu dan ikon. Apa saja menu dan ikon yang terdapat pada Microsoft Word 2010? apa saja fungsinya?
Berikut ulasannya.
a. Quick Access Toolbar, letaknya dipojok kiri atas tepatnya. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masingnya mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol yang satu dengan yang lainnya.
b. Title Bar, letaknya ada dipaling atas, berfungsi untuk menampilkan nama dari dokumen yang aktif.
c. Status bar merupakan baris yang berisisi keterangan yang menunjukan lembar kerja yang pada saat itu  sedang digunakan.
d. Menu file merupakan menu yang berisi ikon-ikon perintah yang berhubungan dengan pengaturan file dokumen.
e. Scrol Bar merupakan bar yang digunakan untuk menggeser lembar kerja dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan dan sebaliknya.
f. Size Button, digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja.
4. Menu-Menu yang Terdapat pada Microsoft Word 2010 Beserta Fungsinya
  •      Menu pada file
  1.       Save                : untuk menyimpan file yang telah kita buat (CTRL+S)
  2.     . Save as           : untuk menyimpan file yang telah kita buat dam disimpan sesuai
  3.       Open               : membuka file yang telah kita buat sebelumnya (CTRL+O)
  4.       Close              : untuk menutup aplikasi Microsoft world
  5.       Info                 : untuk mengetahui informasi tentang document yang kita ketik
  6.       Recent             : untuk melihat document yang telah kita hapus sebelumnya
  7.       New                : untuk membuka document baru (CTRL+N)
  8.       Print                : untuk mencetak document yang telah kita buat
  9.       Save & send    : untuk menyimpan document dan kemudian kita kirim
  10.       Help                : untuk meminta bantuan-bantuan pada Microsoft world
  11.       Option             : untuk pengaturan pada Microsoft word
  12.       Exit                 : untuk keluar Microsoft world
  •      Menu pada home
1.      Paste                                        : untuk menempelkan tulisan atau gambar atau apapun yang sebelumnya telah kita Copy terlebih dahulu (CTRL+V)
2.      Cut                                          : untuk memotong sesuatu entah itu gambar atau apapun yang akan kita potong atau ambil (CTRL+X)
3.      Font                                         : untuk memilih jenis huruf yang akan kita ketik
4.      Font size                                  : untuk mengukur berapa ukuran huruf yang kita (CTRL+])
5.      B (Bold)                                  : untuk menebalkan warna huruf ataupun angka sesuai (CTRL+B)
6.      I (Italic)                                   : untuk memiringkan huruf ataupun angka yang kita (CTRL+I)
7.      U (Underline)                          : untuk membuat garis bawah pada suatu huruf dan angka (CTRL+U)
8.      abc (Strikethrough)                 : untuk mencoret huruf  atau angka
9.      X2 (Subsript)                           : untuk memangkatkan angka di bawah (CTRL+SHIFT+=)
10.   X2 (Superscript)                      : untuk memangkatkan angka di atas (CTRL+SHIFT+ +)
11.  A (Grow font)                        : untuk memperbesar huruf atau angka (CTRL+>)
12.  A (Shrink Font)                       : untuk memperkecil huruf atau angka  (CTRL+<)
13.   Text effect                             : untuk memberi effect atau variasi pada huruf ataupun angka
14.  Aa (change case)                     : untuk menginginkan huruf besar, kecil, maupun besar semua
15.  Ab Text High Light Color      : untuk memberi warna background pada tulisan atau angka
16.  Font Color                               : untuk memberi warna pada huruf atau angka sesuai yang kita inginkan
17.  Clear Formatting                     : untuk membersihkan aplikasi atau menu yang kita gunakan
18.   Bullets                                    : untuk memberi tanda
19.  Numbering                              :  untuk memberi angka secara otomatis
20.  Align Teks Left                       : untuk tulisan rata kiri pada teks (CTRL+L)
21.  Center                                     : untuk tulisan rata tengah pada teks (CTRL+E)
22.  Align Teks right                      : untuk tulisan rata kanan (CTRL+R)
23.  Justify                                     : tulisan rata kanan dan kiri (CTRL+J)
24.  Line Paragraph spacing           : mengatur berapa spasi paragraf pada tiap kalimat
25.  Decrease Indent                      : seperti fungsi tab tapi ini tab kiri
26.  Increase indent                        : seperti fungsi tab tapi ini tab kanan
27.  Shading                                   : untuk memberi warna pada background secara keseluruhan
28.  Sort                                         : untuk mengurutkan sesuai abjad dari a-z ataupun sebaliknya
29.   Inside Border                         : untuk memberi sejenis tabel tetapi bukan tabel
30.  Change Style                           : untuk memberikan model bentuk huruf pada semua huruf secara otomatis
31.   Find                                        : untuk mencari sebuah kata ataupun kalimat pada teks yang telah kita ketik (CTRL+F)
32.   Replace                                   : untuk mengganti huruf yang salah (CTRL+H)
33.  Select                                      : seperti mouse tetapi menandai
  •      Menu pada insert
1.      Cover page                  : untuk membuat kover seperti kover buku
2.      Blank page                  : untuk membuka lembaran baru pada Microsoft word
3.      Page break                   : untuk langsung menuju ke halaman berikutnya (CTRL+RETURN)
4.      Table                           : untuk membuat tabel
5.      Picture                         : untuk memberi gambar
6.      Clip art                        : untuk memberi clip art
7.      Shapes                         : untuk memberi bentuk-bentuk yang kita inginkan pada shapes
8.      SmartAart                   : untuk memberi diagram yang lebih beragam dari pada chart
9.      Chart                           : untuk memberikan diagram sesuai yang kita inginkan
10.  Screen shoot                : untuk memasukkan gambar yang ada di luar windows yang program belum di minimize
11.  Hyperlink                    : untuk membuat link menuju halaman web, gambar, atau alamat email/program.
12.  Bookmark                   : sebagai penanda hal tertentu pada dokumen
13.  Cross-reference           : sebagai penanda suatu hal yang walaupun hal tersebut pindah
                                      lokasi tetapi tetap dapat diketahui
14.  Header                         : untuk mengganti header dalam dokumen
15.  Footer                          : untuk mengganti footer dalam dokumen
16.  Page number                : untuk memberikan nomor pada tiap lembar
17.  Text box                      : untuk membentuk tulisan seperti kotak
18.  Quick parts                  : untuk memasukkan potongan yang dapat dipakai lagi
19.  WordArt                      : untuk memberi font yang bervariasi
20.  Signature line               : untuk memberikan tempat tanda tangan
21.  Date & time                 : untuk memberi tanggal dan waktu pada dokumen
22.  Object                          : untuk memasukkan suatu objek pada dokumen
23.  Equation                       : untuk memasukkan rumus matematika secara otomatis(ALT+ =)
24.  Simbol                          : untuk memasukkan symbol yang tidak ada dalam keypad
·           
  •    Menu pada page layout 
 
1.      Theme                         : untuk memberikan tema pada document kita
2.      Theme color                : untuk memberikan warna yang kita inginkan pada theme
3.      Theme font                  : untuk memberikan bentuk font pada tema dokumen
4.      Theme effect               : untuk mengganti efek tema
5.      Margins                       : untuk mengatur tepi kanan, kiri, atas, bawah pada
                                      dokumen
6.      Orientation                  : untuk menngatur bentuk kertas pada saat kita mengetik
7.      Size                            : untuk memberikan ukuran kertas
8.      Hyphenation              : untuk mengatur pemisah spasi antar huruf atau kata
9.      Watermark                  : untuk memberikan tulisan yang kabur pada teks seperti
                                      ijazah
10.  Page color                   : untuk memberi warna pada lembar document kita
11.  Page border                 : untuk memberikan garis tepi pada setiap document
12.   Indent                         : untuk member jarak garis masuk tiap dimulainya paragraf
13.  Spacing                       : untuk member spasi tiap paragraf
14.   Object position           : untuk mengatur posisi obyek dalam teks
15.  Bring forward           : untuk membawa kedepan obyek
16.  Send backward           : untuk membawa obyek ke belakang
17.  Selection pane             : untuk menampilkan panel navigasi objek (dengan memanfaatkan
                                      fasilitas ini dapat dengan mudah memilih, menyembunyikan
                                      ataupun memunculkan kembali objek-objek yang telah dipilih).
18.  Align                           : untuk mengatur objek terpilih dengan mudah sesuai keinginan
19.   Group                         : untuk menggabungkan obyek jadi satu
20.   Rotate                        : untuk memutar obyek yang dipilih
21.   Wrap text                    : untuk merubah tatanan obyek pada teks,bisa di belakang teks juga
  •      Menu pada references
1.      Table of contents        : untuk membuat daftar isi secara otomatis
2.      Add text                      : untuk menambah teks pada daftar isi
3.      Update table               : untuk mempebarui daftar isi
4.      Insert footnotes           : untuk membuat catatan kaki
5.      Insert citation              : untuk memasukkan kutipan
6.      Insert endnote             : untuk memberi catatan akhir (ALT+CTRL+D)
7.      Next footnote              : untuk mengatur catatan kaki selanjutnya dalam teks
8.      Manage sources           : untuk mengatur daftar sumber yang akan dimasukkan dalam kutipan
9.      Style                            : untuk memilih gaya tulisan dalam kutipan
10.  Bibliography               : untuk memberi daftar pustaka
11.  Insert caption              : untuk memberi foto dalam teks dengan penjelasan
12.  Insert table of figure   : untuk memberikan tabel, daftar, atau foto
13.  Update table               : untuk memperbarui daftar
14.  Mark entry                  : untuk menandai teks dalam document untuk dimasukkan dalam indeks (ALT+SHIFT+X)
15.  Insert index              : untuk membuat indeks
16.  Update index              : untuk memperbarui daftar index
17.  Mark citation               : untuk memasukkan daftar penulis
18.  Insert of authorities     : untuk memasukkan daftar penulis
  •       Menu pada mailings
1.      Envelopes                   : untuk membuat amplop
2.      Labels                         : untuk menampilkan label pada word
3.      Start mail merge          : untuk memulai membuat surat
4.      Select recipient           : untuk memilih orang yang akan kita kirimi
5.      Addres block              : untuk menunjukkan alamat pada surat
6.      Edit recipient list         : untuk merubah daftar penerima surat
7.      Highligt merge fields  : tandai dengan warna tempat yang akan berubah tiap surat berisi penerima yang berbeda
8.      Greeting line               : baris surat yang berisi salam
9.      Insert merge field        : untuk memberikan data tentang apa saja yang ada dalam penerima
10.  Rules                           : aturan tertentu untuk ditambahkan dalam mail merge
11.  Match field                 : untuk mencocokkan penerima agar tidak ada yang sama
12.  Update label                : untuk merubah susunan label dengan penerima surat
13.  Preview result            : untuk menayangkan hasil sesuai dengan apa yang akan dilihat oleh penerima
14.  Go to record                : untuk menayangkan rekaman tertentu dalam daftar penerima
15.  Find recipient              : untuk menemukan penerima yang diinginkan
16.  Auto check for errors  : untuk pengecekan kesalahan otomatis
17.  Finish & merge            : selesai proses pembuatan mail merge 
  •      Menu pada review 
1.      Spelling & grammer    : untuk Mengecek ejaan dan susunan kata dalam teks
2.      Research                      : untuk membuka panel mengenai pencarian kata (ALT+CLICK)   
3.      Thesaurus                    : untuk menyarankan kata lain yang memiliki arti mirip dengan
                                      kata yang dipilih
4.      Translate                      : untuk menterjemahkan ke bahasa yang kita inginkan
5.      Language                    : pilihan bahasa
6.      New comment             : untuk menambahkan komentar tentang yang dipilih
7.      Delete                          : untuk menghapus komentar
8.      Previous                      : untuk melihat komentar yang sebelumnya
9.      Next                            : untuk melihat komentar yang setelahnya
10.  Track changes             : jejak dari perubahan dalam document
11.  Final show markup     : tayangan untuk mengecek kembali isi dokumen
12.  Show markup              : untuk memilih markup apa yang cocok tampilkan di dokumen
13.  Reviewing pane          : untuk mengecek dokumen
14.  Accept                         : untuk menerima penerimaan yang telah diubah
15.  Reject                          : untuk menghapus penerimaan
16.  Previous                      : untuk melihat document sebelumnya
17.  Next                            : untuk melihat revisi yang setelahnya dibuat
18.  Compare                      : untuk melihat du dokumen dan membandingkannya
19.  Block authors              : untuk membuat document yang dibuat tidak bisa diubah oleh orang lain
20.  Restrict editing           : untuk mengunci dokumen agar tidak diubah orang lainV
·               
  • Menu pada view
1.      Print layout                             : untuk melihat kertas kerja yang akan di print
2.      Full screen                               : untuk melihat kertas kerja secara keseluruhan
3.      Web layout                              : untuk melihat dokumen yang di unduh dari website
4.      Outline                                    : untuk melihat document yang telah kita ketik dengan jelas
5.      Draft                                       : untuk melihat document yang kita ketik secara sekilas saja
6.      Ruler                                       : untuk mengukur obyek dokumen yang kita ketik
7.      Gridlines                                 : untuk memberi garis kotak-kotak pada dokumen yang kita buat
8.      Navigation pane                       : untuk membantu kita melihat dokumen
9.      Zoom                                       : untuk melihat lebih besar dokumen yang kita ketik
10.  100%                                       : untuk melihat dokumen dalam ukuran 100%
11.  One page                                 : untuk melihat dokumen dalam satu halaman penuh
12.  Two page                                : untuk melihat dokumen dalam dua halaman penuh
13.  Page width                              : untuk membuat memperbesar lebar dokumen dengan layar
14.  New window                          : untuk membuka dokumen baru tetapi dengan dokumen yang sama
15.  Arrange all                              : untuk memperlihatkan semua program yang saling bersebelahan di layar
16.  Split                                         : untuk membagi layar menjadi dua bagian untuk melihat pada  waktu bersamaan
17.  View side by side                   : untuk melihat dokumen satu demi satu
18.  Synchronous scrolling             : untuk scroll dua dokumen, sehingga bergerak bersamaan
19.  Reset window position           : untuk mengulang posisi window seperti semula
20.  Switch windows                     : untuk memilih dokumen yang sejenis tapi berbeda
21.  Macros                                    : untuk melihat daftar makro, yang mana dapat berlari, menciptakan, atau menghapus suatu makro

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Semoga artikel yang saya buat ini berguna dan dapat menambah wawasan teman-teman sekalian :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar